Dana Jamsostek: JHT Tidak Aktif Dicairkan

Badan penyelenggaraan jaminan sosial tenaga kerja, PT Jamsostek (Persero), menyusun mekanisme pencairan dana jaminan hari tua jutaan peserta yang tidak aktif lagi. Jumlah dana jaminan hari tua yang harus dicairkan lebih dari Rp 6 miliar.

Direktur Utama Jamsostek Hotbonar Sinaga di Jakarta, Selasa (24/8) malam, menjelaskan, saat ini Jamsostek memiliki 8,9 juta peserta yang aktif membayar iuran bulanan dan 21,6 juta orang yang sudah tidak aktif lagi.

”Kami berusaha menemukan pemilik dana ini dalam rangka keadilan dan transparansi. Kami akan buat pengumuman agar siapa saja yang merasa masih punya tagihan (jaminan hari tua/ JHT) bisa segera menghubungi kantor Jamsostek terdekat untuk mengurusnya,” kata Hotbonar.

Dari hasil verifikasi, ditemukan fakta, antara lain, ada 38.632 orang dengan masa kepesertaan lebih dari 30 tahun dengan saldo JHT Rp 6 miliar. Selain itu, ada 330.000 orang dengan masa kepesertaan 20-24 tahun yang tidak aktif lagi.

Menurut Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Timboel Siregar, baru kali ini Jamsostek berniat baik mengembalikan dana peserta yang tidak aktif. Disarankan agar Jamsostek sekaligus mendata penyebab mereka tidak aktif lagi.

”Namun, yang penting, perlu audit independen untuk mengetahui nilai saldo yang sebenarnya berikut hasil pengembangan. Jamsostek juga harus mempermudah prosedur pencairan,” ujar Timboel. (ham)

26 Agustus 2010
Source:http://cetak.kompas.com/read/2010/08/26/03014645/dana.jht.tidak.aktif.dicairkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: