Bisnis Telekomunikasi Tetap Menjanjikan

Manajemen PT Indosat Tbk optimistis perseroan akan tetap menjadi operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia walaupun tahun lalu jumlah pelanggan dan kinerja keuangannya menurun.

Tahun 2010 perseroan meyakini mampu tumbuh di atas rata-rata pertumbuhan industri telekomunikasi. Hal itu disampaikan Presiden Direktur Indosat Harry Sasongko, didampingi Direktur Indosat Peter Kuncewicz dan Chief Marketing Officer Indosat Guntur S Siboro, Senin (29/3) di Jakarta.

Tahun 2009 pendapatan Indosat hanya Rp 18,4 triliun atau turun 1,4 persen dibandingkan 2008. Laba bersih 2009 hanya Rp 1,9 triliun, tahun 2008 sebesar Rp 1,87 triliun. Adapun jumlah pelanggan turun 9,3 persen, dari 36,5 juta akhir 2008 menjadi 33,1 juta pelanggan akhir 2009.

Menurut Guntur, penurunan jumlah pelanggan konsekuensi dari strategi Indosat memangkas pelanggan yang tidak aktif dan fokus pada pelanggan aktif.

Harry menjelaskan, tahun ini perseroan akan fokus pada pelanggan yang berkualitas atau pelanggan aktif. Hal ini dapat menekan biaya operasional.

Namun, Harry dan seluruh jajaran manajemen Indosat belum dapat menyampaikan target perseroan tahun 2010. Ini karena manajemen perseroan berada dalam kondisi tidak bisa menyampaikan informasi material ke publik (silent period). Silent period berlangsung hingga akhir April, yaitu setelah Qatar Telecom, induk perusahaan Indosat, menyampaikan keterbukaan informasi ke publik.

Bakrie Telecom

Dalam siaran pers Senin, PT Bakrie Telecom Tbk menyatakan, selama 2009 pendapatan usaha perseroan mencapai Rp 3,436 triliun atau meningkat 22,5 persen dibandingkan 2008.

Dia menjelaskan, peningkatan pendapatan usaha itu terutama didorong oleh laju pertumbuhan pelanggan sebesar 45,2 persen. Pada 2008 jumlah pelanggan 7,3 juta, tahun 2009 mencapai 10,6 juta. Tahun ini Bakrie Telecom menargetkan 14 juta pelanggan.

Menurut Direktur Utama PT Bakrie Telecom Anindya Bakrie, perusahaannya tetap fokus untuk pertumbuhan organik. Ia meyakini layanan suara dan layanan pesan singkat (SMS) masih tetap diminati masyarakat. ”Tentu saja kami juga harus menjaga semangat inovasi,” ujar dia. (REI/*)

30 maret 2010

source:http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/03/30/03143375/bisnis.telekomunikasi.tetap.menjanjikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: