Zona Eropa Terancam Krisis Utang pada 2010

Keuangan Publik

Kondisi perekonomian di zona Euro pada tahun 2010 ini terancam mengalami krisis utang. Tanda-tanda bahaya ini sudah berbunyi dan pemerintah merencanakan mengendalikan membengkaknya utang.

Pinjaman pemerintah yang besar-besaran membawa 16 negara pengguna mata uang Euro itu untuk melawan krisis tahun lalu. Tingkat utang sudah hampir melewati batasan yang dipergunakan oleh Uni Eropa menurut Pakta Stabilitas dan Pertumbuhan.

Berdasarkan laporan dari Uni Eropa yang dipublikasikan pada Minggu (3/1), meningkatnya defisit anggaran dan pertumbuhan yang rendah mendukung semakin tingginya utang publik. Rata-rata utang publik dapat mencapai 84 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada 2010. Angka itu berarti kenaikan sebesar 18 persen pada 2007, sedangkan batas maksimal utang publik menurut Pakta adalah sebesar 60 persen.

Turun peringkat

Utang publik juga menyebabkan penurunan peringkat Yunani oleh tiga lembaga pemeringkat internasional. Penurunan peringkat karena utang juga terjadi atas Perancis dan Spanyol.

Jerman yang terkenal sebagai negara yang disiplin dalam menjaga stabilitas fiskalnya akan mengalami kenaikan utang publik menjadi 78 persen dari PDB tahun ini. Sementara Perancis, negara dengan ekonomi terbesar kedua di zona Euro, utang publiknya mencapai rekor sebesar 75,8 persen dari PDB pada kuartal ketiga 2008. Yunani mengatakan bahwa utang publiknya akan mencapai 120 persen dari PDB pada 2010.

Kenaikan utang ini merupakan konsekuensi dari pinjaman negara-negara tersebut ketika menghadapi krisis. Dengan tingkat pengangguran yang tinggi dan masih lemahnya pertumbuhan ekonomi pada tahun 2010, para pejabat tidak dapat bergantung pada kenaikan pajak untuk membantu membayar utang-utang tersebut.

”Krisis ekonomi itu memberatkan kesinambungan keuangan publik dan potensi pertumbuhan,” ujar Komisi Uni Eropa yang telah diperingatkan oleh para ekonom bahwa tetap ada kemungkinan untuk terjadi resesi pada tahun ini. Keuangan publik akan semakin berat karena populasi yang menua yang memerlukan biaya kesehatan lebih tinggi pada masa mendatang.

Akan tetapi, memperketat fiskal seperti yang dijanjikan oleh beberapa pemerintahan dapat menghambat pertumbuhan ekonomi jika para pejabat itu bertindak terlalu cepat. (AFP/joe)

FRANKFURT, Minggu – 04 Januari 2010

Source:http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/01/04/03202153/zona.eropa.terancam.krisis.utang.pada.2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: