Jaksa Agung Bingung Dana Rp 11,7 Triliun Milik Century Bisa Dibawa Kabur

Jaksa Agung Hendarman Supanji bertanya-tanya bagaimana cara 3 pemegang saham Bank Century yaitu Robert Tantular dan Hesham Al Warraq Thalat serta Rafat Ali Rijvi membawa kabur uang yang totalnya US$ 11,7 miliar atau sekitar Rp 11,7 triliun ke luar negeri. Menurutnya, seharusnya dana sebesar itu bisa dilacak pihak yang berwenang.

“Kita dapat info bahwa uang itu adalah uang dari Bank Century. Tapi yang saya tanya kok uang segitu bisa keluar dari wilayah Indonesia. Katanya sudah diblokir di sana,” ujarnya saat ditemui di kantor Kejaksaaan Agung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta, Jumat (4/9/2009).

Hendarman mengatakan, meski sudah diblokir, dana tersebut harus diselidiki dulu asal-usulnya apakah hasil kejahatan atau bukan. “Pihak Kejaksaan sendiri baru memonitornya,” ujarnya.

Sementara mengenai indikasi adanya pencucian uang tersebut, Hendarman mengatakan pihaknya belum melakukan koordinasi terkait hal tersebut, tapi pemerintah sudah mulai membicarakan langkah-langkah yang akan dilakukan.

“Saya memberikan saran bagaimana uang itu kok bisa keluar? Dan apakah itu hasil kejahatan. Bagaimana membuktikan pada proses persidangan nanti bahwa ini hasil kejahatan. Tapi pihak kepolisian masih menyelidiki aset-aset itu,” tegasnya.

Kejaksaan masih menunggu kejelasan penyidikan kasus ini yang saat ini dilakukan pihak kepolisian. “Kalau sudah ada indikasi pidana nanti kepolisian akan mengeluarkan SPDP (surat perintah dimulainya penyelidikan) nanti baru kejaksaan koordinasi,” tandas Hendarman.

Menurut data Kepolisian rincian aset yang dibawa kabur ke luar negeri adalah:

  1. Aset Robert Tantular US$ 19,25 juta atau setara Rp 192,5 miliar
  2. Aset Hesham Al Warraq Thalat serta Rafat Ali Rijvi sebesar US$ 1,164 miliar atau setara Rp 11,64 triliun.

(dnl/ken)

Jumat, 04 September 2009

Source:http://www.detikfinance.com/read/2009/09/04/190403/1197044/5/jaksa-agung-bingung-dana-rp-117-triliun-milik-century-bisa-dibawa-kabur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: