Bank Century Melakukan Pelanggaran Sejak 2004

Bank Century seharusnya sudah ditutup jauh hari sebelum krisis keuangan global terjadi pada semester II-2008, karena sejak 2004 hingga 2008 Bank Century sudah melanggar aturan-aturan BI.

Hal ini disampaikan oleh Senior Economist Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan dalam diskusi bertemakan ‘Dibalik Kucuran Dana Bank Century’ di rumah makan di kawasan Jalan Pakubuwono, Jakarta, Sabtu (5/9/2009).

“Seandainya ditutup sebelum krisis, mungkin tidak akan memberikan dampak yang luas,” katanya.

Namun karena Century dibiarkan tanpa adanya jaminan untuk dana pihak ketiga secara menyeluruh maka banyak deposan yang menarik dananya sehingga saat itulah bank ini butuh bantuan dana dari pemerintah.

“Sebab kalau ditutup Bank ini ditutup saat krisis terjadi maka akan memicu kepanikan masayarakat, dan ini bukan hanya jadi masalah Bank Century saja tapi juga masalah BI,” ungkap Ichsan.

Di tempat yang sama, pengamat eknonomi Iman Sugema mengatakan keputusan pemerintah dan BI untuk melakukan bailout terhadap Bank Century yang memakan dana hingga Rp 6,7 triliun diniali sebagai keputusan yang sangat ceroboh

“Keputusan untuk bailout sangat tidak tepat dan sangat ceroboh sebab tanpa assesment mendalam,” katanya.

Menurut Imam, seharusnya pemerintah tidak perlu menyelamatkan bank ini sebab jika ditutup pun bank ini tidak akan memberikan dampak yang sistemik terhadap perbankan dan perekonomian nasional.

“Bank ini sangat kecil, aset bank ini  hanya 0.05 persen dari total sistem perbankan. Bagaimana bisa itu kasih dampak sistemik. Sepertinya bank ini dinilai terlalu penting untuk dibiarkan bangkrut,” jelas Imam.

(epi/dnl)

Sabtu, 05 September 2009

Source:http://www.detikfinance.com/read/2009/09/05/105029/1197199/5/bank-century-melakukan-pelanggaran-sejak-2004

Satu Tanggapan

  1. Bisa dijelaskan alasannya kenapa seharusnya BC ditutup sejak 2004? hehehe.. bingun bacanya kalo cuman dibilang melanggar aturan BI. Aturan bisa saja di rekayasa khan… thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: