Pemerintah Tertibkan 39.477 Rekening Liar

Untuk pertama kalinya dalam sejarah pemerintah berhasil menertibkan 39.477 rekening pemerintah dengan nilai Rp 35,9 triliun dan 238 juta dollar AS serta 2,9 juta euro. Rekening itulah yang banyak dikenal sebagai rekening liar. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan hal ini dalam pidato kenegaraan di hadapan Sidang Paripurna Khusus DPD di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (19/8).

Dalam salinan pidato yang berjudul “Pembangunan untuk Semua atau Development for All” yang diterima Kompas Presiden menyatakan, sejak bergulirnya reformasi, transparansi dan akuntabilitas merupakan prinsip yang sangat penting untuk menegakkan tata kelola pemerintahan termasuk dalam mengelola keuangan negara dan keuangan daerah.

“Kita harus menjunjung transparansi dan akuntabilitas untuk menciptakan tata kelola yang baik dan bersih atau good and clean governance,” ujar Presiden.

Kepala negara menyatakan gembira atas kualitas laporan keuangan pemerintah yang dinilainya menunjukkan upaya perbaikan. “Jumlah laporan keuangan kementerian negara atau lembaga yang mendapat opini tertinggi yaitu wajar tanpa pengecualian atau WTP telah meningkat pesat dari 7 daerah pada tahun 2006 kini menjadi 35 daerah di tahun lalu. Sedangkan yang mendapat status disclaimer (tanpa opini) menurun tajam dari 35 laporan tahun 2006 menjadi delapan belas pada tahun lalu,” ujarnya.

Rabu, 19 Agustus 2009 | 09:15 WIB

Laporan wartawan KOMPAS Suhartono
JAKARTA, KOMPAS.com -http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/08/19/09152219/pemerintah.tertibkan.39.477.rekening.liar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: