Kredit Perbankan Diperkirakan Tumbuh 20 Persen

Penurunan suku bunga pinjaman perbankan diperkirakan akan berjalan lambat dibandingkan penurunan suku bunga acuan (BI Rate). Kendati demikian, jumlah kredit akan meningkat tinggi pada tahun 2010, diperkirakan tumbuh di atas 20 persen.

“Penurunan suku bunga tidak akan agresif, tetapi dalam peningkatan jumlah kredit relatif lebih tinggi,” kata Umar Juoro, Dewan Direktur Center for Information and Development Studies (CIDES).

Menurut Umar, peningkatan jumlah kredit perbankan ini didorong oleh kondisi ekonomi global yang mulai membaik dan melakukan recovery. Juga karena manajemen perbankan yang mampu mengejar target pertumbuhan kreditnya.

Diperkirakan, kredit modal kerja, seperti sektor perdagangan, pertanian ataupun manufaktur akan mencapai pertumbuhan kredit yang tinggi di tahun depan. Selain itu, pengucuran kredit konsumsi, seperti Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), kartu kredit juga masih tetap tinggi seperti tahun sebelumnya.

“Perbankan juga melihat kondisi ekonomi yang mulai normal. Begitu normal, banyak orang mulai berani membuka usaha dan kredit modal kerja akan meningkat untuk menggerakkan perekonomian,” tuturnya.

Umar menambahkan bunga pinjaman kecenderungannya akan menurun dan kredit akan tumbuh sekitar 15 persen pada akhir tahun 2009.

Rabu, 19 Agustus 2009 | 14:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/08/19/14221523/kredit.perbankan.diperkirakan.tumbuh.20.persen

2 Tanggapan

  1. banyaknya wirausaha di negara kita dapat meningkatkan perekonomian secara makro. tetapi banyak masyarakat kita terutama golongan menengah kebawah sulit mendapatkan pinjaman kredit dari bank untuk memodali usaha mereka. ini disebabkan karena bunga pinjaman yang sangat tinggi. Apakah sekarang ada alternatif lain yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan usahawan – usahawan kita baik yang besar terutama pengusaha kecil agar dapat juga bersaing di era globalisasi ini?

  2. data – data pertumbuhan kredit di sumut tahun ini kasih tau saya.. boleh?? kalau ada kirim ke email ku ya. thanks….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: