Penurunan Suku Bunga Pinjaman Masih Terbuka

Tingkat suku bunga pinjaman yang tidak kunjung turun disesalkan banyak pihak. Pasalnya, penurunkan suku bunga acuan (BI Rate) yang dilakukan secara bertahap hingga 250 basis poin (bps) sejak awal tahun 2009 lalu, tidak diikuti dengan penurunan suku bunga pinjaman.

Ekonom Ryan Kiryanto mengatakan peluang suku bunga pinjaman masih terbuka lebar di tahun 2009 ini.  “Memang ini disesalkan banyak pihak. Tetapi peluang perbankan untuk menurunkan suku bunga pinjaman masih terbuka,” kata Ryan, di Tangerang, Sabtu (15/8).

Menurutnya, BI Rate masih bisa dipangkas hingga 6,0 persen di akhir tahun 2009 jika tingkat inflasi berada di kisaran 4,0 persen. Penurunan BI Rate akan memberi peluang bagi perbankan untuk menyesuaikan suku bunga.

Di samping itu, pemerintah akan menggelontorkan anggaran untuk proyek infrastruktur skala besar, seperti kelistrikan, jalan tol, telekomunikasi, serta pertanian yang bersifat padat modal dan padat karya. Menurutnya, hal ini akan memicu pertumbuhan ekonomi dan memberikan kepercayaan diri bagi perbankan untuk menurunkan suku bunga pinjaman.

“Kalau pertumbuhan ekonomi membaik, tingkat resiko kredit juga akan mengendur. Karena itu, perbankan akan menurunkan suku bunganya,” ujarnya.

SABTU, 15 AGUSTUS 2009 | 19:15 WIB

Source:http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/08/15/19152028/penurunan.suku.bunga.pinjaman.masih.terbuka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: