BNI Kesulitan Kucurkan Subsidi KPR

Bank Negara Indonesia (BNI) mengakui kesulitan mengucurkan subsidi kredit kepemilikan rumah (KPR) di luar Pulau Jawa karena masih minimnya infrastruktur.

Demikian disampaikan General Manager Consumer BNI Diah Sulianto, Sabtu (15/8). “Di luar Jawa kita tidak bisa mencairkan subsidi karena tidak ada listrik. 80 persen problem di luar Jawa itu adalah listrik,” ujar Diah, di Tangerang.

Diah mengatakan sebenarnya pemerintah memberikan subsidi untuk KPR sebesar Rp 2,5 triliun di tahun 2009. Subsidi ini diberikan untuk KPR dengan pembelian rumah di bawah Rp 56 juta atau rusunami seharga Rp 144 juta.

Untuk satu unitnya, diberikan subsidi sekitar 12,5 persen. Menurut Diah, nasabah terbesar untuk subsidi KPR ini ada di luar Pulau Jawa. “Di luar Jawa paling banyak peminatnya karena rumah yang harganya Rp 56 juta kan hanya ada disana. Tetapi ada ketentuan kalau infrasrukturnya tidak memenuhi, maka tidak boleh dicairkan,” jelasnya.

Sejauh ini, BNI telah menyalurkan kredit bersubsidi ini sebanyak 15 ribu unit rumah. Dari jumlah tersebut, sekitar 2.000 diantaranya merupakan rusunami.”Kalau rusunami baru 2.000. Sayangnya, tidak banyak orang yang memanfaatkan subsidi ini karena tidak tahu,” cetusnya.

Lebih jauh, pihaknya optimistis permintaan KPR akan menggeliat dengan total kredit (outstanding) dan ditargetkan mencapai Rp 9 triliun di akhir tahun 2009. Untuk semester 1-2009 ini, outstanding KPR BNI mencapai Rp 7,6 triliun.

“Kita optimis ya. Apalagi kalau dilihat dari kebutuhan cukup besar dan pemerintah juga mencanangkan 750.000 rumah. Tentu akan lebih besar lagi,” katanya.

SABTU, 15 AGUSTUS 2009 | 17:37 WIB

Source:http://bisniskeuangan.kompas.com/read/xml/2009/08/15/17373133/bni.kesulitan.kucurkan.subsidi.kpr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: