Kantor Pos AS Ditutup Karena Konsolidasi

Kantor Pos AS, salah satu pilar dari komunitas AS sejak negara itu didirikan, sedang menghadapi kemungkinan penutupan atau konsolidasi layanannya di ratusan lokasi ditengah penurunan bisnis yang tajam karena pengaruh e-mail.

Kantor Pos akan mencatat kerugian hampir 7 milyar dolar AS di tahun fiscal ini meskipun baru saja menaikkan 2 cent dollar harga perangko di bulan Mei ini. Selain itu Kantor Pos AS baru saja memangkas jumlah pegawai dan pemindahan kotak-kotak Pos.

Pejabat Kantor Pos tersebut mengirimkan daftar pegawai kepada Komisi Regulator Pos Independen untuk dilakukan review. Daftar tersebut berisi hampir 700 kandidat potensial untuk diajukan pengurangan akibat penutupan atau konsolidasi. Beberapa pegawai mungkin dapat dimasukkan ke daftar tersebut tetapi daftar kandidat terkini dapat dilihat pada web site Komisi tersebut di www.prc.gov

Sebagian kantor dapat ditutup, di lain pihak kantor-kantor Pos lainnya dengan fungsi yang sama dapat saling mengkonsolidasikan. Sebagai contoh, beberapa kasus dimana suatu kantor Pos yang berfungsi sebagai pengantar surat maka kantor tersebut dapat diganti dari Kantor Pos A ke kantor Pos terdekat misalnya kantor Pos B, tetapi kantor Pos pertama tersebut masih bisa memberikan jasa seperti menjual perangko atau mengadakan jasa pengiriman parcel atau surat-surant lainnya. Di kasus berikutnya, kantor Pos tersebut dapat langsung ditutup.

Vice President Kantor Pos AS Jordan Small mengatakan kepada SubKomite Kongress AS bahwa para manager local akan mengkaji aktivitas hampir 3.200 stasiun Pos dan cabang-cabang diseluruh negeri dan akan mempertimbangkan juga faktor-faktor terkait seperti akses pelanggan, standar servis, pengurangan biaya, dampak terhadap para pegawai, dampak lingkungan, aset real-estat dan kebutuhan-kebutuhan layanan pos lainnya.

Tidak ada perubahan yang dilakukan sampai akhir tahun fiscal berjalan pada tanggal 30 September 2009. Sebagai informasi, terdapat 32.741 kantor pos di seluruh Amerika Serikat.

“Kami mengantisipasi bahwa dari sekitar 3.200 stasiun dan cabang-cabang, hampir 1.000 kantor dapat dipertimbangkan sebagai kandidat yang layak untuk dipelajari lebih lanjut penutupannya”, kata Jordan Small.

Sebagai akibat adanya perubahan bisnis melalui Internet, serta ditambah resesi nasional dimana terjadinya pengurangan surat-surat advertensi. Kenaikan harga BBM tahun lalu juga mengakibatkan jutaan dolar AS tersedot keluar dari kas kantor pos.

Minggu lalu Kantor Akuntabilitas Pemerintah (Government Accountability Office, disingkat GOA) menambahkan Kantor Pos ke dalam daftar agensi yang bermasalah, dengan adanya kesulitan struktur finansial yang signifikan yang sedang dihadapi oleh Kantor Pos AS.

“Setiap kebijakan perposan yang utama, mulai dari pembayaran pegawai, sampai ke waktu penghantaran, hingga ke penutupan fasilitas pos harus sesuai rencana. Tanpa adanya perubahan yang besar, akan datang waktunya Kantor Pos AS tidak bisa membayar tagihan-tagihannya lagi,” kata lembaga GOA.

Kongres AS sedang mempertimbangkan suatu rancangan Undang-undang untuk mengubah cara Kantor Pos membiayai asuransi kesehatan bagi para pensiunannya dalam waktu dua tahun ke depan sehingga dapat menyelamatkan 2 miliar dolar AS per tahunnya.

Kantor pos juga mengajukan petisi bersama dengan Komisi Regulator Pos yang mengindikasikan bahwa para manager sedang memikirkan rencana penutupan banyak kantor pos untuk menghemat uang.

Sebagai tambahan, Dirut Kantor Pos AS (Postmaster General) telah meminta ijin Kongres untuk mengurangi jadwal jasa pengiriman surat dari seminggu enam hari menjadi lima hari.

Tahun lalu, volume surat yang ditangani oleh kantor pos turun sebanyak 9,5 miliar pucuk dari total 203 miliar pucuk surat. Bahkan tahun ini diperkirakan volume kiriman surat menurun lagi sebanyak 28 miliar pucuk dari total 175 miliar pucuk surat.

Penulis: Randolph E.Schimd, Penulis Associated Press, 03 Agustus 2009.

Diterjemahkan secara bebas oleh Leonard T. Panjaitan, sumber : http://news.yahoo.com/s/ap/20090804/ap_on_go_ot/us_postal_closings

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: