Pertumbuhan Operator Telekomunikasi dari Sembilan Persen Hingga Ribuan Persen

Pertumbuhan sektor telekomunikasi di Indonesia merata di antara dua belas operator yang beroperasi saat ini. Namun, menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Kliring Interkoneksi dan Telekomunikasi (Askitel) Rakhmat Junaidi, tingkat pertumbuhannya sangat variatif.

“Penyebarannya berfluktuatif. Pertumbuhannya mulai dari 9 persen sampai ribuan persen,” paparnya saat puncak perayaan Ulang Tahun Ke-5 Askitel di Jakarta, Jumat (3/7). Rakhmat mengatakan setiap operator masih kebagian karena telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang.

Pertama karena masyarakat bebas memilih operator berdasarkan kebutuhan mereka. Kedua, masing-masing operator sudah saling membuka interkoneksi. “Jika terbuka maka komunikasi akan terbuka dan berjalan,” tuturnya.

Lebih lanjut Rakhmat mengatakan hal tersebut juga didukung pertumbuhan telekomunikasi yang masih tinggi. Salah satunya dapat dilihat dari revenue interkoneksi tahun 2008 yang meningkat 5,89 persen dari tahun 2007. Di tahun 2007 revenue interkoneksinya mencapai angka Rp 17 triliun.

Namun, ia tidak menjelaskan lebih lanjut operator mana saja yang mencapai pertumbuhan sangat tinggi. Begitu pula sebaliknya.

Telkom dan Telkomsel memimpin pasar telekomunikasi nasional. Menurut Rakhmat duo Telkom dan Tekomsel memegang 32 persen lalu lintas panggilan (traffic call) secara keseluruhan. Sedangkan untuk durasinya, kedua perusahaan ini mencapai 46 persen.

“Bahkan untuk market share-nya pun mereka memimpin dengan 62 persen,” kata Rakhmat.

Source:http://tekno.kompas.com/read/xml/2009/07/03/21074234/pertumbuhan.operator.telekomunikasi.dari.sembilan.persen.hingga.ribuan.persen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: