PBB: 1 dari 6 Orang di Dunia Kelaparan

KOMPAS.com — Krisis keuangan global menyebabkan angka kelaparan di dunia mencapai satu miliar. Menurut badan PBB, kini satu dari enam orang di dunia menderita kelaparan.

Tingginya angka kelaparan itu dikhawatirkan bisa mengancam perdamaian dan keamanan. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), bencana kelaparan saat ini disebabkan oleh perang, kekeringan, ketidakstabilan politik, naiknya harga bahan pangan serta kemiskinan.

“Seluruh bagian dunia telah terpengaruh oleh ketidakamanan pangan,” kata Direktur Jenderal FAO, Jacques Diouf. FAO juga menekankan kaitan antara kelaparan dan ketidakstabilan politik.

“Dunia yang dilanda bencana kelaparan adalah dunia yang berbahaya. Tanpa makanan, mereka punya tiga pilihan, yakni migrasi, berbuat kerusuhan, atau mati. Tak satu pun yang bisa diterima,” kata Josette Sheeran, dari Badan Pangan Dunia (WFP).

Jumlah orang yang kelaparan saat ini, menurut FAO, mencapai 1,02 miliar, naik 11 persen dari tahun lalu sebesar 915 juta. Ini berarti angka kelaparan lebih cepat naik dibanding populasi. Asia Pasifik yang memiliki populasi terpadat tercatat dengan angka orang kelaparan tertinggi, yakni 642 juta, naik 10,5 persen dari tahun lalu.

Sementara itu, di Sub Sahara Afrika tercatat 265 orang kelaparan, naik 11,8 persen. Bahkan di negara maju, menurut catatan FAO, angka kelaparan juga naik 15,4 persen. Kelaparan telah mengakibatkan banyaknya bayi dan balita malnutrisi yang membuat mereka lebih rentan terkena penyakit karena lemahnya sistem imun.

Sumber:http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2009/06/22/10555915/PBB.1.dari.6.Orang.di.Dunia.KelaparanSenin, 22 Juni 2009 | 10:55 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: